Please Say The Magic Word: ‘I’m Sorry’



Para psikolog mengatakan bahwa meminta maaf adalah bentuk terapi memulihkan rusaknya hubungan antar manusia. Kata maaf itu tidak mahal. Bahkan kadang tidak kita sadari berserakan di berbagai kalimat percakapan. Tapi saat dihadapkan pada keadaan yang serius, setelah kita berbuat sesuatu yang fatal, seringkali perkataan tersebut sulit sekali keluar. Jika kata maaf dirasa sulit sekali keluar dari mulut Anda, coba ikuti tips di bawah agar lidah tidak kelu lagi..
1
Sadari kesalahan
Akuilah kesalahan Anda. Rela mengakui kesalahan dan mau bertanggung jawab akan membuat permintaan maaf Anda lebih cepat diterima dan dimaafkan.Apalagi dengan ucapan tulus, tidak berbelit-belit dan langsung pada permasalahan.
2
Good timing
Hindari minta maaf saat seseorang sedang marah. Bisa jadi permintaan maaf Anda tidak diterima. Temui dan jelaskan duduk perkaranya beberapa hari kemudian. Saat itu kemarahan pasti sudah berkurang. Untuk suatu masalah yang besar, hadapi orangnya, tatap matanya dan berikan penjelasan yang diperlukan.

Jika persoalan terjadi di kantor, segera meminta maaf sebelum bos atau klien menyadari kesalahan Anda. Hal ini akan membuat Anda tampak lebih teliti.
3
Don't make excuses, make explanations!
Setelah mengaku kesalahan, beri penjelasan pada orang yang telah Anda sakiti. Yakinkan Anda tidak bermaksud buruk. Langsung minta maaf dan menjelaskan situasi dengan tidak mengada-ngada menunjukkan keseriusan Anda.
4
Tawarkan ganti rugi
Jika memang kesalahan Anda mengakibatkan kerugian materil buat dia, tawarkan menggantikan kerugian yang terjadi. Kalaupun Anda tidak mampu menanggung semuanya, jelaskan dengan jujur, asal Anda tetap ikut menggantinya.Bagaimana pun juga toh itu andil Anda.

Jadi berlapang dadalah, dan jangan pelit mengucapkan, ‘maafkan saya..’

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Please Say The Magic Word: ‘I’m Sorry’"

Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver