It’s About Listening,


Komunikasi memang kunci dalam membangun suatu hubungan baik dengan setiap indvidu. Hubungan personal didasari bagaimana Anda sendiri juga melakukan effort untuk membuka diri bagi orang lain.

Tidak jarang kerap terjadi salah paham karena buruknya proses komunikasi antara 2 orang invidu. Masalah yang paling sederhana tapi sering muncul ke permukaan adalah karena tidak adanya keinginan untuk mendengar. Bagaimana Anda bisa membuka diri bila untuk mendengarkan orang lain saja tidak mampu?

Menjadi pendengar yang baik memang bukan hal yang mudah. Kendati demikian bukan berarti juga mustahil untuk dilakukan. Beberapa poin sederhana yang bisa ‘diusahakan’ untuk menjadi seorang pendengar yang baik adalah beberapa di bawah..

EMPATI. Percayalah, Anda tidak akan bisa menjadi seorang pendengar yang baik apabila tidak dapat menempatkan diri dalam posisi dan apa yang dirasakannya. Anda tidak akan mengerti kesulitannya bila tetap melihat dari kacamata Anda, dan bukan dari kacamata dia.

IKLIM. Tidak akan ada orang yang akan lepas bercerita masalahnya bila iklimnya tidak mendukung. Buatlah iklim bercerita, suasana dan kondisi, dari diri Anda sendiri agar orang tersebut merasa secure, nyaman dan dihargai untuk berbicara.

PROAKTIF. Jangan hanya menjadi patung karena saking pasifnya saat teman Anda bercerita. Ia memang mencari pendengar yang baik, tapi bukan berarti yang pasif. Dengarkan ceritanya dan cobalah untuk responsif. Berikan tanggapan yang jernih, tetapi sesuai dengan situasi dan realistis.

GESTURE. itu perlu. Sekali lagi jangan seperti patung dan tanpa ekspresi. Posisikan tubuh dengan santai dan sesuaikan bahasa tubuh Anda dengan dia. Pandang matanya (eye contact) sambil memasang muka serius tapi bersahabat. Anggukan kepala adalah gesture yang baik penanda Anda menyimak perkataannya.

PANCINGAN. Berikan kata-kata yang bisa memancingnya untuk lebih bebas bercerita, semisal, ‘lalu’, ‘terus’, ‘bagaimana’, dll. Pertanyaan terbuka yang menggali apa yang ia rasakan juga boleh, selama tidak mengganggu atau membuatnya tidak merasa nyaman.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

1 Response to "It’s About Listening,"

  1. Desta Says:
    July 14, 2007 at 2:00 PM

    emm It's About Listening......

Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver