Kulit Juga Bisa Tetap Tampil Halus Saat Hamil

Hamil adalah sebuah karunia tak terhingga bagi perempuan yang mendambakannya. Berbagai macam perubahan terjadi selama masa kehamilan ini, mulai dari perubahan mood akibat perubahan hormonal yang juga berpengaruh pada kondisi kulit.
Kulit merupakan lapisan paling luar tubuh yang bertugas melindungi organ tubuh bagian dalam, dan secara langsung terekspos oleh lingkungan. Tahukah Anda, kulit menempati porsi 15% dari berat badan? Untuk wanita berat kulit sekitar 3 kg sedangkan pria kurang lebih 5 kg.
Kulit memiliki fungsi yang penting, antara lain sebagai perlindungan, pembuangan sisa metabolisme, perasa dan peraba, pengaturan suhu tubuh, penyerapan, pembuatan pigmen, pembuatan vitamin D serta fungsi keindahan. Sehingga jika kulit mengalami kerusakan maka fungsinya tidak bekerja optimal.
Jika dilihat dari anatominya, kulit terdiri dari tiga lapisan, yaitu epidermis, dermis dan subkutis. Masing-masing lapisan mengemban tugas berbeda dan sama vitalnya.
Kulit kita sungguh mengagumkan. Bayangkan, beban yang harus dipikul kulit kita saat hamil yang meregang hebat namun berhasil kembali ke kondisi semula begitu kehamilan usai. Luar biasa bukan? Kemampuan kulit untuk mengembang inilah yang lazim disebut elastisitas kulit. Pada kehamilan, elastisitas kulit 'dipaksa' mengembang sampai level maksimum. Akibatnya sering menyebabkan 'pecahnya' permukaan kulit sehingga muncul stretch mark.
Selama hamil, akan terjadi berbagai perubahan pada kulit, seperti stretch mark, selulit, linea nigra hingga gatal-gatal. Kita akan coba mengupasnya satu demi satu
1Stretch Mark
Mungkin Anda sering mendengar istilah ini, namun agak bingung mengartikannya. Stretch Mark merupakan tanda parut berupa gurat-gurat putih yang muncul pada permukaan kulit, berbentuk garis berliku seperti anak sungai.
"Stretch mark ini biasanya muncul pada dinding perut, lengan atas, pinggul, paha, bokong dan payudara," ujar dr. Nooryda Hardjono, SpKK dari RS Bunda Jakarta dalam diskusi bersama media bertema 'Amazing Motherhood, Amazing Skin' yang digagas Vaseline, Agustus lalu. Talkshow seru kerjasama Vaseline, RS Bunda Jakarta dan PERDOSKI ini menghadirkan Sophie Navita, presenter dan ibu dua anak, Feny Rose, moderator dan Ika Paramita, Brand Manager Vaseline.
Vaseline punya alasan sendiri kenapa menggagas tema menarik ini. Setiap wanita perlu tampil dengan kulit cantik, bahkan saat hamil kan? "Setiap perempuan berhak untuk tamoil dengan kulit sehat dan cantik, terutama di saat penting dalam hidup, seperti saat hamil. Kita tahu, saat hamil terjadi sejumlah perubahan pada kulit. Makanya kami ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman soal ini," ujar Ika Paramita seraya menambahkan Vaseline ingin para ibu tetap merasa cantik dan bangga menjadi ibu tanpa perlu terbebani dengan masalah kulit semasa kehamilannya.
Guratan pada kulit ini biasanya muncul pada usia kehamilan empat atau lima bulan, dimana warnanya berwarna kemerah-merahan dan masih dapat disembuhkan. Namun begitu kehamilan memasuki usia tua, guratan yang timbul berwarna keputihan dan tidak dapat disembuhkan,"namun masih dapat disamarkan dengan perawatan intensif," tandas dr. Nooryda
Mengapa stretch mark muncul? Untuk menjawabnya perlu diketahui bahwa stretch mark terjadi pada lapisan dermis kulit, dimana terdapat kolagen dan jaringan atau serat penyambung. "Stretch mark muncul karena pengaruh hormon kehamilan dan akibat melarnya kulit mengakomodasi pertumbuhan janin. Atau dengan kata lain stretch mark terbentuk ketika terjadi peregangan kulit secara cepat yang merusak jaringan yang terdapat di dalamnya sehingga kulit mengalami peregangan berlebihan alias over stretched," ujar dr. Nooryda.
Faktor penyebab munculnya stretch mark antara lain kehamilan, perubahan berat badan secara mendadak (waspada untuk Anda yang kerap mengalami fenomena diet yoyo, dimana berat badan turun-naik dengan cepat), dan pengaruh obat (steroid, misalnya pada obat gemuk atau asma).
Nah, terkait kehamilan, stretch mark yang muncul saat wanita berbadan dua biasanya berwarna merah jambu dan cenderung lebar, kemudian berangsur berubah menjadi garis tipis berwarna keputihan atau kecoklatan. Bagi yang pernah hamil mungkin Anda akan mengenali stretch mark umumnya melintang di sepanjang dinding perut atau di atas pinggul. Jika peregangan payudara Anda semasa hamil dan menyusui juga besar, umumnya akan meninggalkan tanda parut putih sesudahnya, saat payudara kembali ke ukuran normal.
Apakah stretch mark lazim terjadi pada wanita hamil? Tidak selalu, sebab beberapa wanita beruntung memiliki faktor genetik yang 'menyelamatkannya' dari stretch mark. Coba runut lagi, jika ibu Anda punya kecenderungan stretch mark, maka kemungkinan besar Anda juga akan mewarisinya.
Presenter Sophie Navita beruntung tidak punya masalah stretch mark, atau menurut istilahnya 'cakar macan' karena bentuknya yang tidak beraturan. Makanya Sophie, ibu dua anak, mengaku agak bandel merawat kulit semasa hamil. Sophie hanya mengoleskan pelembab kalau ingat saja. "Kehamilan anak pertama saya selamat, tidak kena stretch mark meski malas merawat kulit. Semula saya pikir hal itu juga akan terjadi dengan kehamilan kedua. Namun nyatanya tidak demikian. Saat kehamilan kian membesar, mulai muncul guratan putih di sekitar pusar berbentuk mirip bunga matahari yang membuat saya cemas," papar istri Pongky Jikustik ini
Pengalaman serupa juga terjadi pada teman Ika. Ika mengisahkan si teman ini sejak awal kehamilan rajin mengoleskan losion yang mengandung kolagen di perutnya. Dengan pertambahan usia kehamilan, daerah perut yang diolesi losion hanya bagian atas, karena bagian bawah sulit dijangkau. Terbukti, pada daerah yang tidak 'tersentuh' losion muncul garis stretch mark, sedangkan bagian perut yang teratur menerima losion masih tetap mulus.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Kulit Juga Bisa Tetap Tampil Halus Saat Hamil"

Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver